Sabtu, 27 Februari 2016

Teknik Dasar Bola Volley

Teknik Dasar Bola Volley
Teknik adalah suatu proses melahirkan keaktifan jasmani dan pembuktian suatu peraktek dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam cabang olahraga (khususnya cabang permainan bola voli ).
Teknik dikatakan baik apabila dari segi anatomis/fisiologis mekanik dan mental terpenuhi secara benar persyaratannya. Apabila diterapkan pencapaian prestasi maksimal untuk menganalisa gerakan teknik, umumnya para guru atau pelatih akan dapat mengoreksi dan memperbaiki (Suharno, HP, 1983 : 3).
Kegunaan Teknik Pada Cabang Olahraga
Efisien dan Efektif untuk mencapai prestasi maksimal.
Untuk mencegah dan mengurangi terjadinya cidera
Untuk menambah macam-macam teknik atlet ada saat pertandingan. (Suharno, HP. 1982 : 30).
Atlet akan lebih mantap dan optimis dalam memasuki arena pertandingan (Engkos Kosasih, 1984 : 109).
Untuk dapat menguasai bola secara maksimal dan sempurna seorang pemain setidaknya harus memiliki kemampuan-kemampuan seperti mampu melakukan passing atas secara baik dan benar dari teknik dasar ini tidak diabaikan dan harus dilatih dengn baik, seseorang harus mengerti dan benar-benar dapat menguasai teknik penguasaan bola  dengan baik dan terus menerus, (Dleter Beullteshtahl. 1986 : 9).
Agar dapat bermain bola voli  dengan baik, seseorang harus mengerti dan benar-berar dapat menguasai teknik penguasaan bola dengan baik. Dengan menguasai teknik penguasaan bola dan latihan yang continue diharapkan nantinya dapat bermain bola voli secara baik dan benar.
Di bawah ini beberapa teknik dasar bola voli :
1. Passing Bawah
2. Passing Atas
3. Service Bawah
4. Service Atas
5. Service Mengapung
6. Smash
7. Blocking
    Block ada dua macam.
    a. block tunggal
    b. block ganda
8. Kedudukan Pemain (Posisi Pemain)
    Dalam permainan Bola Voli diwaktu service kedua regu harus ada didaerah masing masing
Tiga deret ada di depan dan tiga deret ada di belakang.
Pemain nomor satu dinamakan server, pemain kedua dinamakan spiker, pemain ketiga dinamakan set upper atau tosser,pemain nomor empat dinamakan blocker, pemain nomor lima dan enam dinamakan libero
Spiker adalah pemain yang bertugas memukul bola agar jatuh ke daerah lawan
Libero adalah pemain bertahan yang memiliki kebebasan untuk keluar dan masuk tapi tidak boleh  untuk melakukan smash (biasanya didalam lapangan berseragam berbeda dengan rekan satu tim)
Tosser / set upper adalah pemain yang bertugas mengumpankan bola kerekan rekan satu timnya
Blocker adalah pemain yang pada dasarnya bertugas menahan serangan attacker dari tim lawan tapi juga dapat bertugas sebagai spiker
Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar